Rabu, 30 Mei 2012

Metodologi Penelitian


LAPORAN KUNJUNGAN KE PJTKI
Mata Kuliah Metodologi Penelitian











Disusun Oleh :
Asyifa Ulam (2715100102)
Kania Rahmanika (2715101311)
Nusaibah (2715101314)
Umu Kulsum (2715102252)
Vico Tri Wahyudin (2715102244)

Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab
Fakultas Bahasa Dan Seni
Universitas Negeri Jakarta
2011
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohiim
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Segala puji hanyalah milik Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, kasih-Nya tiada batas dan sayang-Nya melimpah kepada hamba-Nya. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, Rasul terakhir yang diutus dengan membawa syari’ah yang mudah, penuh rahmat dan membawa keselamatan dalam kehidupan di dunia dan di akhirat.
Laporan ini dibuat sebagai salah satu gambaran kepada pembaca tentang metode pembelajaran di BLK-LN Duta Tangguh Selaras dalam pembelajaran bahasa arab khususnya. Serta sebagai persyaratan tugas Mata kuliah Metode Penelitian. Kami sebagai penyusun makalah ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama dosen Metodelogi Penelitian yaitu Bapak Prof. Zainal Rafli.
Kami menyadari bahwa laporan penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan, namun demikian kami berharap semoga laporan ini dapat di jadikan sebagai tambahan pengetahuan untuk kita semua yang sedang berjuang menjadi seorang pendidik yang sebaik-baiknya serta tidak mengurangi keimanan kita kepada Allah SWT sebagai hamba-Nya. Dan semoga Allah selalu menyertai dan meridhoi kita dalam upaya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa yang berakhlak terpuji.
     Akhir kata ini kami mohon maaf atas segala kekurangan ini.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb


Jakarta,  November 2011


 Penyusun


DAFTAR ISI

Kata Pengantar...................................................................................................................... 1
Daftar Isi................................................................................................................................ 2         
Bab I Pendahuluan
a.       Latar Belakang........................................................................................................... 1         
b.      Perumusan Masalah................................................................................................... 2         
c.       Tujuan........................................................................................................................ 2         
Bab II Isi
a.       Profil Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN).......................................            3
b.      Program Kerja Balai latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN)...................................... 4
c.       Metode Pengajaran Bahasa Arab............................................................................... 4
d.      Evaluasi pengajaran .................................................................................................. 5
Bab III Penutup
Kesimpulan................................................................................................................ 13
Lampiran-lampiran 
BAB I
PENDAHULUAN
1.1                    Latar Belakang
Indonesia merupakan Negara berkembang, yang populasi penduduknya bertambah banyak setiap tahun. Penduduk yang padat dapat menyebabkan banyaknya masalah dalam suatu negara. Indonesia kaya akan sumber daya manusia, namun jika hal ini tidak diiringi dengan mutu yang baik dari sumber daya menusia  yang ada maka sumber daya manusia Indonesia tidak dapat di gunakan sehingga menyebabkan terjadinya pengangguran. Hal ini juga disebabkan oleh minimnya lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia.
Hal ini akan menjadi masalah yang besar untuk negara dalam upaya untuk memakmurkan rakyat dan masalah ini akan menjadi berkembang dalam hal lemahnya  daya saing negara Indonesia di kancah dunia, semua ini dapat dilihat dari adanya perekonomian Indonesia yang belum bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat memakai sumber daya manusia dalam jumlah yang besar sehingga mengurangi terjadinya pengangguran.
Oleh karena itu, banyak diantara rakyat indonesia lebih memilih bekerja diluar negeri sebagai pembantu rumah tangga, kuli bangunan, koki, ataupun sebagai baby sitter, dsb. Untuk mengubah  perekonomian keluarga, mencari biaya anak sekolah, menghindari krisis moneter dan menutupi masalah keluarga.
Adapun dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelatihan kerja yang melatih CTKI yang akan dikirim ke luar negeri khususnya ke wilayah timur tengah dalam proses pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa penunjang yang digunakan di wilayah timur tengah.
Saat ini banyak sekali berita-berita yang memberitakan bahwasannya kebanyakan para TKI dan TKW yang dikirim ke luar negeri khususnya ke wilayah timur tengah mendapatkan siksaan atau mereka tidak pandai dalam bekerja dan lain sebagainya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengubah pandangan negative masyarakat Indonesia terhadap tenaga kerja yang dikirim ke Indonesia ke luar negeri khususnya ke wilayah Timur Tengah. 
1.2                   Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yang akan dikaji dalam masah ini :
ü Mengetahui metode pengajaran bahasa arab yang diterapkan di Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN)
ü Mengetahui prosedur pengiriman TKI

1.3                   Tujuan
ü Untuk memenuhi tugas Mata kuliah Metode Penelitian
ü Untuk mengetahui metode pengajaran bahasa Arab di Balai Latihan Kerja Luar Negeri  (BLK-LN)
ü Untuk mengubah pandangan masyarakat Indonesia terhadap tenaga kerja yang dikirim ke luar negeri khususnya wilayah timur tengah 
BAB II
PEMBAHASAN
2.1    Profil Balai Tenaga Kerja Luar Negeri (BLK-LN) Duta Tangguh Selaras
BLK-LN Duta Tangguh Selaras didirikan pada tahun 2010 di daerah Jati Asih oleh bapak Umar Mubarok. BLK-LN ini mempunyai 5 orang pegawai, 2 pengajar, 1 IT, dan 2 security. BLK-LN ini hanya mengirim CTKI ke wilayah timur tengah saja, bukan ke wilayah barat. Oleh karena itu BLK-LN ini hanya mengajarkan satu bahasa yaitu bahasa arab tetapi juga mengajarkan jurusan yang lainnya yitu tataboga dan lain-lain.
BLK-LN Duta Tangguh Selaras memilik dua macam pelatihan yaitu pelatihan khusus para CTKI yang belum mempunyai pengalaman yang dilakukan selama 21 hari yang disebut dengan kelas non, dan pelatihan untuk CTKI yang sudah mempunyai pengalaman yang dilakukan selama 10 hari yang disebut dengan kelas ex.
Dalam Balai Latihan Kerja Luar Negeri Duta Tangguh Selaras hanya menerima CTKI yang berumur antara 22 tahun dan 37 tahun. CTKI yang mendaftar di BLK-LN Duta Tangguh Selaras akan dikirimkan ke Negara Arab Saudi, Qatar, Abu Dhabi.  
2.2     Visi misi Duta Tangguh Selaras
·       Visi Duta Tangguh Selaras
Menciptakan tenaga kerja yang handal dan professional, berdedikasi tinggi dengan bekal moralitas, pengetahuan serta keterampilan.
·       Misi Duta Tangguh Selaras
1.    Menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan bermoral tinggi.
2.    Melatih CTKI yang kompeten dibidangnya.
3.    Mewujudkan tenaga kerja yang mengerti hak dan kewajibannya sebagai TKI
4.    Memberikan prasarana dan fasilitas pelatihan yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pelatihan.
5.    Melatih CTKI untuk memahami prosedur K3 (kesehatan, keselamatan kerja dalam setiap pekerjaan.
2.3    Program Kerja
Training bahasa dan motivasi kerja.
Persyaratan peserta Latihan kerja:
1.    Pendidikan                  : Minimum SLTP
2.    Umur                           : dari 22-37 tahun
3.    Pengalaman Kerja       : Tidak diharuskan
4.    Kondisi Kesehatan      : Lulus tes kesehatan dari klinik yang telah dirujuk
5.    Berkas-berkas              : surat izin wali, Kartu Keluarga, akte lahir, dan KTP
6.    Lulus Tes                     : a. Membaca
                                           b. Menulis
                                           c. Bahasa
 7. Wawancara tentang kesiapan mental calon peserta pelatihan
 8. Wawancara tentang latar belakang calon peserta pelatihan
2.4     Metode Pengajaran
·       Metode ceramah, dilakukan dalam kelas secara formal dengan 1 guru dalam tiap kelas. Guru menyampaikan materi dan menjelaskan.
·       Metode role play, yaitu metode yang digunakan dengan cara bermain peran. Ada yang berperan sebagai majikan dan ada yang berperan sebagai pembantu. Dimana hal ini membantu para calon TKI dalam tata krama yang baik saat berhadapan dengan majikan atau atasan.
·       Metode percakapan, yaitu  para calon TKI mempelajari  cara beretika yang baik saat melakukan percakapan seperti saat menerima telepon, saat menerima tamu, dsb.
·       Metode simulasi, para calon TKI diperkenalkan dengan benda-benda yang akan berkaitan dengan pekerjaannya saat berada di Negara Arab dengan menggunakan bahasa arab seperti agar dapat beradaptasi dan mengenali dengan mudah tentang nama-nama dan bahasa arab benda-benda tersebut.
·       Metode listening diberikan lebih banyak dipakai oleh pengajar dari pada metode menulis  agar para CTKI dapat mengenali dan memahami bagaimana cara pelafalan bahasa arab asli oleh penutur asli arab.
2.5         Evaluasi Pengajaran
                               *          Pengertian Evaluasi
Kata evaluasi merupakan pengindonesiaan dari kata evaluation dalam bahasa Inggris, yang lazim diartikan dengan penaksiran atau penilaian. Kata kerjanya adalah evaluate yang berari menaksir atau menilai. Sedangkan orang yang menilai atai menaksir disebut sebagai evaluator (Echlos, 1975).
Dengan pengertian di atas maka dapat dikemukakan bahwa evaluasi adalah suatu proses menentukan nilai seseorang denga menggunakan patokan-patokan tertentu untuk mencapai tujuan. Sementara evaluasi hasil belajar pembelajaran adalah suatu proses menentukan nilai prestasi belajar pembelajaran dengan menggunakan patokan-patokan tertentu guna mencapai tujuan pengajaran yang telah ditentukan sebelunya.
                               *          Fungsi Evaluasi Hasil Belajar
Ø Diagnostik: menentukan letak kesulitan-kesulitan siswa dalam belajar, bias terjadi pada keseluruhan bidang yang dipelajari oleh siswa atau pada bidang-bidang tertentu saja.
Ø Seleksi: menentukan mana calon siswa yang dapat diterima di sekolah tertentu dan mana yang tidak dapat diterima. Seleksi digunakan guna menaring siswa yang memenuhi syarat tertentu.
Ø Kenaikan kelas: menentukan naik atau lulus tidaknay siswa setelah menyelesaikan suatu program pembelajaran tertentu.
Ø Penempatan: menempatkan siswa sesuai denga kemampuan/potensi mereka.

                               *          Evaluasi yang digunakan di Balai Latihan Kerja Duta Tangguh Selaras
Evaluasi di BLK Duta tangguh Selaras mencakup bererapa aspek, yaitu:
ü evaluasi formatif yaitu evaluasi yang dilaksanakan setiap kali selesai pembelajaran tertentu. Manfaat atau sasaran yang hendak dicapai adalah untuk menilai keberhasilan proses pembelajaran untuk suatu materi pembelajaran tertentu.
ü Evaluasi sumatif, yaitu evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir pembelajaran pada suatu program atau sejumlah unit pelajaran tertentu. Sasaran yang hendak dicapai adalah menilai keberhasilan program belajar atau perencanaan pembelajaran berdasarkan pengalaman belajar diperoleh anak didik.
ü Evaluasi diagnostik, yaitu evaluasi yang dilaksanakan sebagai sarana diagnose. Bermanfaat untuk meneliti atau mencari karena kegagalan atau dimana letak kelemahan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran tertentu.[1]
·       Contoh evaluasi formatif : evaluasi ini biasanya pengajar menugaskan anak didik untuk menghafal materi yang telah dipelajari.
·       Contoh evaluasi sumatif : evaluasi di laksanakan 3 bulan lamanya selama berada di asrama dengan melakukan beberapa test tulis dan lisan.
Contoh evaluasi diagnostik : biasanya setelah melakukan evaluasi sumatif, pengajar melakukan evaluasi diagnostik dimana jika anak didik tidak berhasil pada evaluasi sumatif.
Contoh evaluasi soal
Silanglah (x) salah satu huruf a, b, c dan d yang kamu anggap benar 
1.       Inta artinya ...
a.       Kamu laki-laki
b.      Kamu perempuan
c.       Dia perempuan
d.      Dia laki-laki
2.       Isy ismik, artinya ...
a.       Siapa namaamu?
b.      Berapa umurmu?
c.       Draimana kamu?
d.      Apakah kamu punya suami?
3.       Ahlan wa sahlan ...
a.       Selamat pagi
b.      Selamat sore
c.       Selamat malam
d.      Selamat datang
4.       Sobahul khair ...
a.       Musannur
b.      Lailah saidah
c.       Sobahunnur
d.      Allahu yusallimuk
5.       Rattib sarir, artinya ...
a.       Bersihkan ranjang
b.      Bersihkan sprei
c.       Rapikan ranjang
d.      Rapikan sprei
6.       Sakkiri bab, artinya ...
a.       Tutuplah pintu
b.      Buka pintu
c.       Tutuplah jendela
d.      Buka jendela
7.       Ana ujahiz goda, artinya ...
a.       Saya menyiapkan sarapan
b.      Saya menyiapkan makan siang
c.       Saya menyiapkan makanan
d.      Saya menyiapkan makan malam
8.       Ana usawwi ...
a.       Syahi
b.      Fawakih
c.       Fil-fil
d.      Badinjan
9.       Sapulah halaman, bahasa arabnya ...
a.       Kannisi hauz
b.      Kannisi bilath
c.       Nazzifi bisath
d.      Nazzifi bisath
10.   Nafzifi miroyah, artinya ...
a.       Cuci cermin
b.      Lap cermin
c.       Bersihkan cermin
d.      Bersihkan kaca


I.        Menjodohkan
Jodohkanlah kolom A dengan kolom B dengan jawaban yang  tepat.

KOLOM A
KOLOM B
1.       Fi  aen ummi
2.       Mita safir
3.       Kaef abuya
4.       Hag min
5.       Kam ratibik
a.       Bagaimana bapak
b.      Dimana ibu
c.       Punya siapa
d.      Kapan terbang
e.      Darimana kamu
f.        Berapa gajimu
6.       Istanni suwaya
7.       Ta’ali hina
8.       Tafadhol udkhul
9.       A’tini rattib
10.   Ruhi ila sug
a.       Diam sebentar
b.      Tunggu sebentar
c.       Beri saya gaji
d.      Pergilah kepasar
e.      Silakan masuk
f.        Mari kesini

KOLOM A
KOLOM B
1.       Tempat tidur
2.       Kasur
3.       Gantungan baju
4.       Sprei
5.       bantal
a.       mukhaddah
b.      syarsyaf
c.       firosyi
d.      kis mukhadah
e.      sarir
f.        ‘allagoh
6.       Kulkas
7.       Teko
8.       Oven
9.       Baki
10.   Kompor

a.       Furen
b.      Burtugoz
c.       Tisbi
d.      Burrod
e.      Tallajah
f.        mithanah

II.      jawaban singkat
jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat.

1.       A : kam umrik?
B : ............... isyrin sannah

2.       A : isy ismik?
B : ................. fatimah

3.       A: min fen Inti?
B : .................. Indonesia

4.       A: ..............................
B: maktab barid garib min sug

5.       A: .............................
B: naam indi buzurah

6.       Ana ma indi zauj artinya .......................

7.       Ma’assalamah terjemahannya dalam bahasa Indonesia adalah .......................

8.       Ana agto laham ................... sikkin

9.       Juka majikan mengatakan “la taswi samak”, jadi apa yang tidak harus kamu lakukan ?

10.   Jika majikan mengatakan “la taqro risalah dahin” berarti anda jangan .............
BAB III
PENUTUP
Dari penelitian yang kami lakukan pada tanggal 17 November 2011 di BLK-LN Duta Tangguh Selaras dapat disimpulkan bahwa pelatihan bahasa arab yang di terapkan kepada CTKI menggunakan berbagai metode yang telah kami uraikan diatas dan bahasa yang mereka gunakan adalah Bahasa Amiyah.
BLK-LN Duta Tangguh Selaras memilik dua macam pelatihan yaitu pelatihan khusus untuk para CTKI yang belum mempunyai pengalaman yang dilakukan selama 21 hari yang disebut dengan kelas non, dan pelatihan untuk CTKI yang sudah mempunyai pengalaman yang dilakukan selama 10 hari yang disebut dengan kelas ex.
Adapun apa-apa yang kami paparkan, kiranya dapat menjadi suatu respon yang positif bagi pembaca di dalam memberikan pandangan umum kepada suatu lembaga latihan kerja khususnya yang mengirimkan tenaga kerja ke negara timur tengah. Bahwasanya keterampilan dan kehati-hatian lebih utama untuk menjaga hubungan dengan tuan rumah di negara Timur Tengah.
Suatu lembaga yang mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri khususnya ke negara Timur tengah bukan berarti suatu lembaga yang membuat seorang pekerja mendapatkan suatu musibah, karena musibah yang terjadi akhir-akhir ini dari isu yang telah beredar bukan di karenakan lembaga tenaga kerja tidak bertanggung jawab. Musibah terjadi adalah permasalahan internal dari pekerja itu sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Hakim,Lukmanul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung, CV Wacana Prima (2007).
Percakapan Bahasa Arab, Praktis Balai Latihan Kerja Luar Negeri. PT. Duta Tangguh Selaras

[1] Hakim,Lukmanul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung, CV Wacana Prima (2007).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar